+

Banyak orang tua khawatir anaknya kecenderung game online. namun, rupanya tidak setiap orng yang gemar bermain game online bakal mengalami kecanduan atau ketergantungan seperti disampaikan dokter spesiallis kesehatan jiwa,

ada beberapa faktor yang memengaruhi seseorang mennjadi kecanduan game online, lanjut siste, yakni faktor biologi, psokologi dan sosial.

Pada orang yang gamer bermain permainan ini, neurotranmitter dopamine akan meningkatkan sehingga menimbulkan rasa senang, manusia dilahirkan dengan dopemine yang randah, akan selalu mencari cara, benda atau kegiatan yang bisa meningkatkan dopamonenya.

Maka dari biologi, seseorang yang memiliki gangguan neurotranmitter dopamine, akan lebih rantang mengalami kecanduan kata dokter dari Dapartemen Psikiatri FKUI jakrta ini mengutip rilisan kementerian kesehatan di tulis minggu (8/7/2018).

Lalu, dalam permainan berbasis online seringkali disuguhkan dengan konten-konten yang memacu adrenalin  pemain, ada juga tantangan yang santiasa bertambah di setiap level pemain, hal itu tantu menjadi daya tarik sekaligus merupakan risiko bagi orang-orang yang pada dasarnya secara psikologi senang mencari tantangan (Novelty Seeking).