komenpora dibantu dengan generasi siapa mengadakan turnamen esports tingkat nasional untuk para pelajar di sekolah menengah hingga sekolah menengah keatas, nantiknya dalam turnamen ini akan diikut sertakan 40.000 pelajar dari 600 sekolah di wilayah jawa dan sumatera.

kompetisi nasional ini sendiri akan di mulai dari tinggkat kota dan kemudian berlanjut ke jajaran yang lebih  tinggi yaitu tungkat regional, dan terakir para pesrta akan bertanding di tinggkat nasional untuk memperkuat piala menpora.

game -game yang akan di pertandingkat dalam kompetisi tersebut tersebut ialah Arena of valor dan Free fire. alasan mengapa dua gema tersebut masuk dalam turnamen yang bertanjuk fruit tea youth national esport
championship 2019, dikernakan untuk AVO sendiri menjadi pemenang atas nominasi best multiplayer game di ajang internasional Mibile gaming award (IMGA) 2018. untuk FRee Fire  sendiri di pilih karena menjadi Google play user's game choice of 2018.

dilasnir dari bola,  Asril Sadikit Satar selaku event organizer mengatakan bahwa turnmaen ini akan digelar pada 18 Februari hingga akhir September 2019 ini. Nantinya turnamen ini siap menyambangi 22 kota di seluruh wilayah Jawa dan Sumatera.

tentunya kemenpora sendiri cukup mengapresiasi komputer tingkat sekolah hingga nasional ini, selain itu imam nahrawi juga mengungkap kan bahwa esport sendiri telah menjadi industri yang nantinya akan membuat kesempatan para kaula muda untuk bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.